RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan
Ke- : 1-10
Alokasi
Waktu : 20x45 menit
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara level
Elementary
Kode Standar
Kompetensi :
Kompetensi
Dasar : Memahami
percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi
dengan orang bukan penutur asli
Indikator :
Aspek
|
Indikator
|
Nilai PBKB yang
dikembangkan
|
Kognitif
|
Ucapan salam
(greetings) pada saat bertemu dan berpisah digunakan secara tepat
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Psikomotorik
|
Pertanyaan dengan
pola yes-no questions dalam konteks
kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar
|
Bersahabat / Komunikatif
|
Afektif
|
Berbagai bentuk
dan ungkapan digunakan dengan tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan
minat
|
Kreatif
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat :
A.
Menggunakan
pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan
dijawab dengan benar.
B.
Menggunakan
pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dengan
benar.
C.
Menggunakan
pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan
dijawab dengan benar.
D.
Menggunakan
berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan
tepat untuk membicarakan kegemaran/hobi dan minat.
E.
Menggunakan
ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran,
travel agency, dll. diperagakan dengan benar.
II.
Materi Pokok
A.
Language
Focus:
1.
Talking
about hobbies and interests
a. Do you like fishing?
b. What do you like doing in your spare time?
2.
Guest
handling
a.
What
can I do for you, Sir?
b.
Welcome
to our hotel.
c.
I hope
you enjoy the food.
B. Grammar Review:
1.
Yes –
No questions
a.
Am I a
mechanic?
b.
Are you
a secretary?
c.
Is he a
programmer?
2.
Question
tags
a.
The board
meeting starts at seven, doesn’t it?
b.
The
students do not practice in the laboratory, do they?
3.
Questions
with question words
a.
Where
does the boss live?
b.
Why do
you come late?
c.
Who are
you?
4.
Gerund
as subjects and objects
a.
Smoking
is dangerous.
b.
I don’t
like fishing.
c.
We like
swimming.
5.
Gerund
as complement:
a.
Her job
is sorting the mail.
b.
My
hobby is jogging.
6.
Gerund
after preposition:
Are you interested in collecting stamps?
7.
Constructions
with ‘too’ and ‘enough’
a.
The
soup is too salty for me.
b.
The
hotel room is comfortable enough.
III.
Metode
Pembelajaran
A.
Model pembelajaran
: Role Play (bermain peran), Latihan
B.
Metode : Ceramah,
Tanya jawab
IV.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru menjelaskan
sistem pembelajaran, penugasan, dan penilaian semester ganjil.
4.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Rasa ingin tahu.
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru membacakan dialog sederhana, siswa
mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin
2.
Elaborasi (±45
menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh
pola yes-no question, kemudian siswa
mencatat penjelasan guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal
tentang yes-no question.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin, kerja keras, Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1. Guru memeriksa
dan membahas hasil/kerja siswa.
2. Guru memberikan
tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Jujur, Mandiri, Menghargai prestasi, Komunikatif.
Pertemuan ke 2
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru membuka pelajaran dengan berdoa bersama.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa
tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Mandiri, Menghargai Prestasi.
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
a. Guru me-review
materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya
kepada siswa secara acak.
b.
Siswa
menulis kalimat yang dibacakan oleh guru
Nilai PBKB yang
diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45
menit)
a. Siswa membuat
dialog sederhana dengan menggunakan pola yes-no
question.
b. Siswa
mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan yes-no question bersama temannya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa membaca
bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru, kemudian memahaminya, dan
mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
Nilai PBKB yang diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C. Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Jujur, Mandiri, Menghargai prestasi, Komunikatif
Pertemuan ke 3
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa
tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
5.
Guru
memberikan memberikan
pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif, Tanggung jawab.
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru membaca teks
sederhana, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
2.
Elaborasi (±45
menit)
Guru menjelaskan dan
memberikan contoh pola question tags dan
siswa mencatat penjelasan guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10
menit)
a.
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang question
tags.
b.
Siswa
membuat dialog sederhana dengan menggunakan question
tags.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta
siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
3.
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Menghargai prestasi, Komunikatif
Pertemuan ke 4
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10 menit)
Guru
me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara
bertanya kepada siswa secara acak.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Demokratis
2.
Elaborasi (±45 menit)
Siswa
mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan question tags (yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama
temannya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Kerja keras, Keatif
3.
Konfirmasi (±10 menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal dari bacaan yang telah disediakan oleh guru.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam
kepada para siswa
sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Jujur,Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 5
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru membacakan kalimat tanya yang
menggunakan question words, siswa
menulisnya dalam buku.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45
menit)
Guru menjelaskan dan memberikan contoh
pola question words dan penggunaannya
dalam kalimat.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Komunikatif
3.
Konfirmasi (±10 menit)
a.
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru.
b.
Siswa
membuat dialog sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan question words.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil / kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Jujur,Menghargai prestasi, Tanggung jawab
Pertemuan ke 6
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa
tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
Guru me-review materi yang telah
dijelaskan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara
acak.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Demokratis
2.
Elaborasi (±45
menit)
Siswa mempraktikkan dialog sederhana
yang menggunakan question words (yang
telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Demokratis
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa membaca bacaan/teks yang telah
disediakan oleh guru, kemudian memahaminya dan mengerjakan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Mandiri, Gemar membaca
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Komunikatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 7
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru
memberikan pertanyaan
kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Religius, Disiplin, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10
menit)
a.
Guru
membacakan kalimat yang mengandung pernyataan hobi dan minat, kemudian siswa
menulisnya.
b.
Siswa
menyebutkan macam-macam hobi dan minat.
Nilai PBKB yang
diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45
menit)
a.
Siswa
membuat kalimat yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas pada pertemuan
ini.
b.
Siswa
membuat dialog sederhana yang mengandung pernyataan hobi dan minat.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa mempraktikkan dialog yang telah
dibuat di depan kelas. Dan kemudian teman-temannya memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Komunikatif,
Tanggung jawab
Pertemuan ke 8
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa
tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
4.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif, Tanggung jawab
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Eksplorasi (±10
menit)
a.
Guru
membacakan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu,
dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll., siswa
menulisnya.
b.
Guru
menjelaskan dan memberikan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi,
menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada
pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll., siswa
memperhatikan dan mencatatnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Elaborasi (±45
menit)
Siswa membuat dialog sederhana tentang
cara menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu, dan mengucapkan
terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa mempraktikkan dialog yang telah
dibuatnya di depan kelas dan teman-teman yang lain memberikan komentar.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
2.
Guru
memberikan tugas rumah.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Kreatif, Mandiri,
Tangguung jawab
Pertemuan ke 9
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
4.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10
menit)
a.
Guru
membacakan kalimat yang menggunakan pola gerund
sebagai subjek, objek, pelengkap,
dan setelah preposisi, kemudian siswa menulisnya.
b.
Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola gerund
sebagai subjek, objek, pelengkap,
dan setelah preposisi, kemudian siswa mencatatnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45
menit)
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang gerund.
Nilai PBKB yang diharapkan: Disiplin, Tanggung jawab
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa
membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan
berkaitan dengan bacaan tersebut.
Nilai PBKB yang diharapkan: Gemar membaca
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
dan siswa membahas hasil kerja.
2.
Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan untuk memeriksa pemahaman siswa
tentang materi yang baru saja di bahas.
3.
Guru
memberikan tugas rumah.
4.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif, Tanggung jawab
Pertemuan ke 10
A.
Kegiatan Awal (±10
menit)
1.
Guru memberikan
salam kepada siswa.
2.
Guru memeriksa
kehadiran siswa.
3.
Guru memeriksa
tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan
membahasnya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin, Tanggung
jawab
B.
Kegiatan Inti (±65
menit)
1.
Elaborasi (±10
menit)
a.
Guru
membaca kalimat yang menggunakan too
dan enough, siswa menulisnya.
b.
Guru
menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat yang menggunakan too dan enough, siswa mencatat penjelasan guru.
Nilai PBKB yang diharapkan: Komunikatif
2.
Eksplorasi (±45
menit)
a.
Siswa
mengerjakan latihan-latihan soal tentang kalimat yang menggunakan too dan enough.
b.
Siswa
membuat dialog sederhana dengan menggunakan too
dan enough.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif, Mandiri
3.
Konfirmasi (±10
menit)
Siswa mempraktikkan dialog sederhana
yang menggunakan too dan enough bersama temannya.
Nilai PBKB yang diharapkan: Kreatif
C.
Kegiatan Akhir (±15
menit)
1.
Guru
memeriksa hasil kerja siswa.
2.
Guru
menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.
3.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Nilai PBKB yang diharapkan: Religius, Disiplin,
Komunikatif
V.
Penilaian
A.
Soal
1. Melengkapi
kalimat.
1) ....I a student?
2) ....Mrs. Lilis a beautiful teacher?
3) ... he have a dictionary?
4) ... Romi and Sinta eat dinner?
5) They work hardly, ....?
6) She is not a dancer, ....?
7) Let’s study this material, ....?
8) I like ....(swim)
9) (Jog) .... is my activity in the morning.
10) This exercise is ... difficult for me.
(too/enough)
2. Pilihan
ganda
1) He never comes home late, ....?
a.
Hasn’t
he? d. Did he?
b.
Does
he? e. Won’t
he?
c.
Didn’t
he?
2) Without his glasses, he can’t see us, ....?
a.
Can he? d. Will he?
b.
Does he? e. Is he?
c.
Will he?
3) Let’s visit Dian tomorrow, ....?
a.
Won’t we? d. Aren’t we?
b.
Do we? e. Don’t we?
c.
Shall we?
4) Your sister always gets up late on Sunday, ....?
a.
Isn’t she? d. Won’t she?
b.
Will she? e. Will he?
c.
Does she?
5) The proposal sounds promising, ....?
a.
Is it? d. Was it?
b.
Does it? e. Will it?
c.
Isn’t it?
6) She tries to keep on.... her dreams.
a.
Building d. Having built
b.
To build e. Build
c.
Being build
7) Rudi and I .... in the school last night.
a. Are d.
Am
b. Were e.
Was
c. Is
8) I .... the doctor there last year.
a. Am d.
Are
b. Was e.
Is
c. Were
9) There .... some stores along the beach.
a. Are d.
Was
b. Is e.
Is
c. Were
10) There .... bank robbery yesterday.
a. Was d.
Are
b. Were e.
Am
c. Is
B.
Kunci Jawaban
a. Melengkapi kalimat
1)
Am 6) Is
she
2)
Is 7)
Shall we
3)
Does 8) Swimming
4)
Do 9)
Jogging
5)
Don’t they 10) Too
b. Pilihan ganda
1)
B 6) A
2)
A 7) B
3)
C 8) B
4)
C 9) A
5)
C 10)
A
C.
Rubrik Penilaian
NO
|
KETERANGAN
|
Skor
(1-10)
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Melengkapi kalimat
|
10
|
Syarat lulus, siswa minimal mencapai nilai 75
|
|
2
|
Pilihan Ganda
|
10
|
||
Jumlah
|
20
|
VI.
Alat dan Bahan
A. LCD Proyektor
B. Laptop
C. Speaker
D. VCD
E. Gambar
F. Buku Cerita
G. Audio:
CeritaVisual: Gambar
H. Audio Visual:
Video
VII.
Sumber Belajar
A.
Departemen
Pendidikan Nasional, 2000, Global Access to the World of Work Book 2, 3. Sawangang: PPPGK.
B.
Wiyono, Tri Suko
Bambang, dkk. 2004. Pelajaran
Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2. Jakarta: Balai
Pustaka.
C.
Taparena, Datik dan
Supadmi. 2011. Modul
Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI. Surakarta:
Kharisma Putra.
D.
Suryana, Nanan.
2007. Bring Me To The World of a Professional Worker English For Vocational
School Book 2. Jakarta: Armico.
Sumobito, 20 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Zeky Cox Irwan Wicaksono, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar